Berita Seputar Universitas

image

PENDIDIKAN MERATA, MENJAGA HARKAT DAN MARTABAT BANGSA

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI Admin website 02/05/2017

Ki Hajar Dewantara adalah sosok yang melekat pada peringatan Hari Pendidikan Nasional. Setiap tahun pada tanggal 02 Mei berbagai kegiatan dilaksanakan untuk mengenang kelahiran pendiri Taman Siswa yang dikenal lewat semboyan yang dilahirkan salam konsep Laku Telu “Ing ngarso sung tulodho ing madya mangun karso tut wuri handayani” yang artinya apabila di depan memberi teladan, di tengah memberi ilham (inspirasi), di belakang memberi dorongan.

Pada peringatan Hari Pendidikan tahun ini, Menteri Pendidikan Nasional – Prof. Dr. Muhadjir Effendy, dalam Pidatonya  menyampaikan tema Hardiknas 2017 yaitu Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas. Tema tersebutt terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepatdan menuntut kualitas semakin tinggi . Harapannya, hal tersebut menjadi renungan bersama, agar seluruh lapisan masyarakat akan menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas , maka ikhtiar untuk bisa mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, dapat terwujud.


Source : www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/04/pidato-mendikbud-pada-upacara-hari-pendidikan-nasional-2-mei...

Di lingkungan Pendidikan Tinggi, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikkti) Prof. Mohammad Nasir, pada Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya menyampaikan Tema yang telah dipilih untuk Pendidikan Tinggi adalah “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi. Tema ini dipilih untuk menekankan saat ini Perguruan Tinggi telah tiba saatnya dalam melaksanakan Tri Dharma lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi terutama ekonomi di daerahnya. Dengan kata lain, Perguruan Tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Source : www.kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2017/04/27/sambutan-hari-pendidikan-nasional-hardiknas-2...

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Banyuwangi, Untag Banyuwangi juga memiliki peran penting, untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Rektor Untag Banyuwangi, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum menyampaikan ucapan Selamat memperingati HARDIKNAS 2017. Bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan ke depan dan pendidikan punya kontribusi besar dalam memecahkannya. Masa Depan yang semakin kompetitif membutuhkan sumber daya manusia Indonesia yang juga harus kompetitif. Karena itu pendidikan di Indonesia harus menjamin kualitas sekaligus pemerataan. Setiap anak bangsa Indonesia harus dijamin mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas. Hanya dengan pendidikan yang baik dan merata, bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lain sekaligus menjaga harkat dan martabat sebagai bangsa yang merdeka.
Untag Banyuwangi akan terus berbenah agar bisa terus berpartisipasi dalam upaya mendiptakan pendidikan yang merata dan berkualitas.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2017.
 

Ingin bergabung dengan kami, segera lakukan pendaftaran !