UNTAG Banyuwangi

Rektor Sambut Asesor Re-Akreditasi Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris

E-mail Cetak PDF

Segenap jajaran Rektorat beserta jajaran struktural Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi menyambut kehadiran 2 (dua) orang Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu  Prof. Drs. Mursid Saleh M.A., Ph.D. dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Ngadiso, M.Pd. dari Universitas 11 Maret Surakarta di Ruang Lobi VIP Untag Banyuwangi (12/10). Selengkapnya

Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 tersebut diawali dengan perbincangan singkat antara Rektorat dengan kedua asesor terkait perkembangan terbaru Kampus yang berwawasan kebangsaan Untag Banyuwangi, khususnya program studi yang nantinya akan di visitasi, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang merupakan satu dari tiga program studi yang dimiliki oleh FKIP. Selanjutnya, setelah pertemuan dengan pihak Rektorat, dengan didampingi langsung oleh jajaran struktural fakultas, Asesor yang menuju ke Banyuwangi via Bandara Blimbingsari tersebut menuju ruang pertemuan (F4) di lantai 2 yang dijadikan sebagai ruang utama visitasi program studi yang secara seremonial menyampaikan rencana teknik dari visitasi tersebut. Dalam kesempatan tersebut, tim asesor didampingi oleh jajaran struktural fakultas berkesempatan melihat secara langsung beberapa sudut terkait dengan fasilitas pelayanan kepada mashasiswa di lingkungan Untag Banyuwangi, yang diawali dari Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium IT, Perpustakaan, Biro dan Pusat terkait hingga kelas yang dijadikan sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu proses pembelajaran.

Visitasi Akreditasi yang kedua kalinya bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut di konsep menjadi 2 (dua) bidang, yaitu visitasi fakultas bersama asesor Prof. Drs. Mursid Saleh M.A., Ph.D. bertempat di ruang Microteaching yang akan melakukan pemeriksanaan dan penyelarasan antara borang yang telah diterima oleh Dikti dengan situasi yang terbaru, salah satunya ialah peranan stakeholder atau pengguna lulusan yang melibatkan mahasiswa aktif, alumni hingga beberapa lembaga terkait, sedangkan asesor yang kedua, yaitu Dr. Ngadiso, M.Pd. lebih fikus pada pemeriksaan dan crossmatch 7 (tujuh) komponen untuk program studi yang bertempat di ruang F4 lantai 2.

Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitasnya antar Perguruan Tinggi tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja. Akreditasi PT dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), dan terdiri dari 2 akreditasi, yaitu akreditasi program studi (prodi) dan akreditasi  perguruan tinggi/institusi. Penilaian akreditasi prodi didasarkan pada 7 standar, antara lain: Visi, misi, tujuan dan sasaran, dan strategi pencapaian; Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu BAN-PT; Mahasiswa dan lulusan, ini biasanya dilihat quesioner para lulusannya, IP yang diraih para   mahasiswanya, rekrutmen mahasiswa; Sumber daya manusia (SDM) seperti jumlah dosen, kualifikasi dosen, pengembangan dosen; Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; Penelitian (jurnal2, karya ilmiah, dll) dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 10 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 339 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2353 orang, bulan ini 10188 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586414 orang
You are here: Home