UNTAG Banyuwangi

Sosialisasi Empat Pilar Berbalut Kesenian Wayang Kulit

E-mail Cetak PDF

Sosialisasi empat pilar tidak selalu dilakukan melalui forum resmi seperti seminar atau serasehan. Pesan tentang empat pilar bisa disampaikan melalui media kesenian tradisional. Misalnya, melalui pagelaran Wayang Kulit. Inovasi tersebut dilakukan oleh Kampus Merah Putih Untag Banyuwangi beberapa waktu lalu, Sabtu, 4 Juni 2016 yang dihelat dihalaman Untag Banyuwangi. Acara yang merupakan hasil kerjasama baik antara Untag Banyuwangi bersama Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi dengan Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, selain dalam rangka dies natalis Untag Banyuwangi juga bertujuan memasyarakatkan empat pilar kepada masyarakat.

 

Kepala bagian (Kabag) pemberitaan, hubungan antarlembaga, dan layanan informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR, Purwadi mengatakan, dalam hal ini menjadi tangungjawab MPR untuk mensosialisasikan empat pilar melalui pagelaran wayang kulit. “Hal ini penting dilakukan agar sosialisasi empat pilar MPR dapat terlaksana secara masif dan menyentuh kalangan masyarakat luas,” ujar Purwadi.

Tujuannya adalah melakukan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pacnasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Selain itu sosialisasi dilakukan dalam rangka internalisasi. Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya menggali dan membangun kembali kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kebangsaan yang terangkum dalam empat pilar tersebut sebagai landasan dalam segala aspek hidup masyarakat.

Sebelum pergelaran wayang kulit dimulai, kegiatan dimulai dengan kirab reog dari simpang lima ke halaman Untag Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan sosialisasi empat pilar dimulai pukul 19.00 WIB dan diakhiri oleh pementasan wayang oleh dalang Ki Prasetyo Anom Carito dengan cerita Banjaran Rama Bargawa. Kegiatan tersebut, selain dihadiri Mahasiswa Untag Banyuwangi, Civitas Akadmeika, seluruh unit-unit dan satuan kerja dibawah naungan Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, masyarakat Umum juga dihadiri oleh empat anggota MPR RI yakni Abidin Fikri, Azam Azman Natawijaya, Sumail Abdullah dan Abdul Malik Haramain.

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 10 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 444 orang, kemarin 602 orang, minggu ini 4413 orang, bulan ini 12248 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 588474 orang
You are here: Home