UNTAG Banyuwangi

UNTAG, Kawal Pengelolaan Kawasan Pesisir di Tiga Kabupaten

E-mail Cetak PDF

Indonesia dengan garis pantai sepanjang hampir 81.000 km dan 17.504 pulau telah dianugrahi beragam kekayaan hayati, salah satu diantaranya adalah mangrove. Namun sayang dalam tiga dekade terahir ini Indonesia telah kehilangan 40% hutan mangrove dengan laju kerusakan terbesar di dunia. Dengan hilang hutan mangrove menyebabkan terjadinya emisi efek rumah kaca, lebih memprihatinkan lagi adalah negara ini telah menjadi penyumbang sebangak 42%.

 

Hilangnya hutan mangrove ini disebabkan oleh kurangnya kepedulian masyarakat akan kekayaan hayati ini. Padalah hutan mangrove selama ini telah banyak berperan dalam kehidupan masyarakat khususnya masyarakat pesisir. Dengan adanya “revolusi biru” (konversi hutan mangrove menjadi tambak) serta  “ illegal logging” (penebangan liar) hutan mangrove untuk lahan pertanian atau tambak garam, merupakan alasan utama hilangnya hutan mangrove di indonesia saat ini.

Kondisi yang memprihatinkan ini menjadi alasan utama untuk Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi bekerjasama dengan MFF (Mangrove for the Future), mengadakan sebuah seminar dengan topik “PENGELOLAAN MANGROVE DAN KAWASAN PESISIR BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BANYUWANGI, SITUBONDO, PROBOLINGGO” yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 November 2016 di Aula kampus UNTAG. Seminar ini akan dihadiri oleh 100 undangan yang merupakan perwakilan dari pemerintah daerah dan provinsi, swasta, organisasi masyarakat dan perguruan tinggi negri maupun swasta.

Seminar ini akan dipaparkan oleh tiga pemateri dengan dua keynote speakernya yaitu Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas,M.Si dan Dr.Ir. Sri Yanti, MPM selaku ketua National Coordinating Body (NCB). Salah satu pemateri adalah Ir. Elvita Nezon, MM yang merupakan Kasubid Restorasi Pesisir, Direktorat Pendayagunaan Pesisir, Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut, Kementrian Kelautan dan Perikanan. Sedangkan pemateri yang lain berasal dari UNTAG Banyuwangi dan PT.YTL.

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 13 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 142 orang, kemarin 616 orang, minggu ini 1508 orang, bulan ini 9343 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 585569 orang
You are here: Home