UNTAG Banyuwangi

STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR , DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN KUNINGAN DI BONDOWOSO (Vol.12 No.35 Agustus 2015 ISSN 1693 - 4083)

E-mail Cetak PDF

ABSTRAK

Sebagian UKM masih mempunyai berbagai kelemahan yang bersifat eksternal, seperti kurangnya kemampuan untuk beradaptasi terhadap pengaruh lingkungan yang strategis, kurang cekatan dalam peluang-peluang usaha, kurangnya kreativitas dan inovasi dalam mengantisipasi berbagai tantangan sebagai akibat resesi ekonomi yang berkepanjangan. Di samping itu faktor internal dari sebagian UKM yaitu kurangnya kemampuan manajerial dan keterampilan, kurangnya akses terhadap informasi teknologi, permodalan dan pasar. Kelemahan internal ini disebabkan sebagian SDM pengelola UKM kurang berkualitas dalam mengantisipasi berbagai masalah yang sedang dihadapi ( Sugiarto,2008 ).

Dari berbagai kekurangan yang tersebut diatas diperlukan adanya perhatian khusus terhadap nasib dari keberadaan UKM sebagai penunjang ekonomi riil masyarakat. Persaingan usaha yang begitu ketat mengharuskan perusahaan memiliki keunggulan bersaing, jika tidak maka perusahaan tersebut tidak dapat bertahan lama.

 

Kata Kunci: UKM, Manajerial dan Keterampilan, Persaingan

Attachments:
Download this file (Wardha Nilawati.pdf)Selengkapnya Download Disini[ ]379 Kb

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 9 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 340 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2354 orang, bulan ini 10189 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586415 orang
You are here: E-Journal STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR , DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI KERAJINAN KUNINGAN DI BONDOWOSO (Vol.12 No.35 Agustus 2015 ISSN 1693 - 4083)