UNTAG Banyuwangi

PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 16 PONTIANAK (Vol.12 No.35 Agustus 2015 ISSN 1693 – 4083)

E-mail Cetak PDF

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode cooperative integrated reading and   composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan  mengapresiasi cerita  rakyat pada siswa kelas VIIC SMPN 16 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 16 Pontianak. Data diperoleh melalui pengamatan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita rakyat, yaitu siklus 1 49%, siklus 2 65 %, dan siklus 3 sebesar 77%.

 

Kata kunci: apresiasi, cerita rakyat, CIRC

Attachments:
Download this file (Rini Agustina.pdf)Selengkapnya Download Disini[ ]497 Kb

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 8 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 339 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2353 orang, bulan ini 10188 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586414 orang
You are here: E-Journal PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 16 PONTIANAK (Vol.12 No.35 Agustus 2015 ISSN 1693 – 4083)