UNTAG Banyuwangi

DESAIN DAN IMPLEMENTASI : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)

E-mail Cetak PDF

ABSTRAK

Media Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Media pembelajaran yang mengintegrasikan unsur audio, visual serta interaktifitas penggunaannya dapat menarik minat dan perhatian mahasiswa untuk belajar. Berdasarkan observasi awal dilapangan yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran power point, terbatasnya sumber belajar yang digunakan dalam penyampaian materi serta tidak adanya visualisasi bagaimana penerapan strategi/metode akan membuat mahasiswa kesulitan untuk mengkongkritkan materi yang diterima secara abstrak. Melihat kondisi tersebut maka perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa media pembelajaran interaktif untuk mata kuliah strategi pembelajaran bagi mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu : (1) dapat digunakan secara individu sehingga dapat mengakomodasi kecepatan belajar yang berbeda-beda, (2) dilengkapi dengan kuis atau soal latihan, (3) visualisasi yang dapat membuat mahasiswa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Model pengembangan dan implementasi yang digunakan adalah model Lee and Owens (2004) dengan prosedur (1) melakukan analisis kebutuhan-analisis awal hingga akhir, (2) desain,  (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) dan Evaluasi. Hasil dari implementasi pengembangan ini yaitu dilaksanakan pada uji lapangan dan diperoleh persentase 96% dari jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah strategi pembelajaran tuntas belajar sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif.

 

Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran interaktif, mata kuliah strategi pembelajaran

Attachments:
Download this file (Dian Arief Pradana.pdf)Selengkapnya Download Disini[ ]203 Kb

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 8 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 339 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2353 orang, bulan ini 10188 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586414 orang
You are here: E-Journal DESAIN DAN IMPLEMENTASI : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)