UNTAG Banyuwangi

PEMBERDAYAAN EKONOMI PETANI DIKECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)

E-mail Cetak PDF

ABSTRAKSI

Pertanian merupakan sebagian besar dari mata pencaharian penduduk di Kecamtan Bangorejo. Sekitar 65 persen penduduk dari total penduduk Kecamatan Bangorejo adalah petani. Dari letak geografis kecamatan Bangorejo yang sebagian besar hamparan, dan di aliri sungai sehingga lahan sawah yang dimiliki petani adalah sawah dengan sistem irigasi teknis. Pertanian dibagi menjadi 6 sub-sektor, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan. System pertanian yang sekarang berkembang di wilayah bangorejo saat ini berupa garuk yaitu naga dan jeruk. Kedua buah tersebut menjadi pusat pemasukan pereknomian dari para petani. Cara mengelola usaha pertanian ini ada yang dikerjakan petani sendiri da nada yang disewakan pada penyewa dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya untuk dijual. Dilihat dari pendekatan rumah tangga petani sebagian besar petani di Kecamatan Bangorejo mengusahakan lebih dari satu atau subsektor pertanian. Metode penulisan yang digunakan yaitu studi pustaka, jadi pada penulisan studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan, materi-materi, data-data dan informasi-informasi yang diperoleh dari buku atau jurnal. Kesimpulan ditunjukkan bahwa dengan system penanam buah yang ada di wilayah kecamatan Bangoejo bisa meningkatkan perekonomian warga dengan  pemberdayaan ekonomi melalui penanaman buah nnaga dan jeruk sebagai potensi penghasilan yang besar.

 

Kata kunci: Petani, Pemberdayaan ekonomi

Attachments:
Download this file (WINDA HUROTUL  ‘AINI.pdf)Selengkapnya Download Disini[ ]435 Kb

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 9 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 340 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2354 orang, bulan ini 10189 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586415 orang
You are here: E-Journal PEMBERDAYAAN EKONOMI PETANI DIKECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)