UNTAG Banyuwangi

PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT DAN RESIDUAL INCOME SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA KPRI PERTANIAN KABUPATEN BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)

E-mail Cetak PDF

ABSTRAKSI

Sebagai peran penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian Indonesia, koperasi harus dikelola dengan baik sehingga mampu menjalankan usaha dalam perekonomian rakyat. Keberhasilan usaha atau kinerja koperasi dapat dilihat dari berbagai parameter yaitu hasil usaha yang bersifat finansial maupun non finansial. Kinerja finansial diantaranya dapat dilihat dari perolehan laba. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan perhitungan return on investment dan residual income. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja keuangan koperasi dalam menghasilkan laba dari investasi yang digunakan. Penelitian ini dilakukan di KPRI “Pertanian” Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan laporan SHU dan Neraca pada periode 2010-2012.

Berdasarkan perhitungan return on investment kinerja keuangan koperasi mengalami fluktuasi pada periode 2010-2012 yaitu terjadi penurunan pada tahun 2011 sebesar 1,22%. Dilihat dari segi profit margin ditahun 2011 mengalami penurunan sebesar 3,76%. Dan turnover of operating assets dari tahun ketahun mengalami penurunan hingga ditahun 2012 turun menjadi 0,004 X. Sedangkan residual income pada koperasi juga berfluktuatif pada tahun 2011 mengalami penurunan sebesar Rp.15.082.675,00. Terjadinya fluktuasi pada perhitungan kedua metode tersebut disebabkan adanya penggunaan operating assets yang terlalu besar yang tidak diimbangi dengan besarnya operating income yang dihasilkan oleh koperasi. Sehingga, menunjukkan koperasi kurang efektif dan efisien dalam mengelola kekayaannya.

Saran yang diberikan adalah KPRI “Pertanian” perlu mengendalikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Serta lebih efektif dan efisien dalam penggunaan operating assets. Koperasi juga perlu menambahkan perhitungan return on investment dan residual income dalam analisis laporan keuangannya untuk melengkapi analisis yang telah dilakukan koperasi untuk mengevaluasi kinerja keuangannya.

 

Kata kunci : Kinerja Keuangan, Return On Investment, Residual Income.

Attachments:
Download this file (Enis Prihastuti.pdf)Selengkapnya Download Disini[ ]658 Kb

FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 8 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 339 orang, kemarin 648 orang, minggu ini 2353 orang, bulan ini 10188 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 586414 orang
You are here: E-Journal PERHITUNGAN RETURN ON INVESTMENT DAN RESIDUAL INCOME SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA KPRI PERTANIAN KABUPATEN BANYUWANGI (Vol.12 No.36 Desember 2015 ISSN 1693 – 4083)