UNTAG Banyuwangi

Biro Administrasi Keuangan

E-mail Cetak PDF

STRUKTUR ORGANISASI

BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN


Kepala                                            : PUJIASTUTI, A.Md

Ka. Sub. Bag. Pembayaran           : EKO PRAMESTI SUMARTO.,S.Mat

Ka. Sub. Bag. Admin. Keuangan  : ERMA NURLAILI

Staf      :

- ANI OKTAVIA

- AYU DESYATI DWI RATHITA

 

 


 

Job Deskription

Menyusun rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RKAT) Universitas serta melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan dan mempertanggung jawabkan dalam bentuk laporan keuangan dan tugas-tugas lain yang ditentukan oleh Wakil Rektor II.


 

Tugas dan Wewenang

  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran tahunan yang berupa kebutuhan operasional, kesejahteraan, pengembangan, dan rencana pendapatan,
  2. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan terhadap penerimaan dan pengeluaran keuangan Universitas,
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kebenaran pembayaran, pemeriksaan keuangan,
  4. Melaksanakan pelaporan pertanggung jawaban keuangan setiap bulan yang meliputi kegiatan operasional, kesejahteraan, pengembangan maupun pendapatan,
  5. Melaksanakan penyusunan laporan keuangan harian terhadap realisasi penerimaan dan pengeluaran Universitas,
  6. Menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan dan laporan akuntabilitasnya,
  7. Meneliti tentag kesesuaian anggaran yang dibuat sesuai dengan semua kegiatan yang direncanakan dan telah diakomodasikan pembiayaannya dalam anggaran keuangan yang diajukan,
  8. Meneliti kelengkapan anggaran yang diajukan mencangkup sumber pembiyaan dan jenisnya, penerimaan, rencana investasi, rencana pinjaman dan lain-lain,
  9. Meneliti standar kinerja keuangan dengan mencantumkan rasio kehematan, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan,
  10. Menyusun mekanisme aliran kas dan dana secara menyeluruh,
  11. Meneliti hambatan-hambatan atau sebab-sebab dalam pelaksanaan pembiayaan kegiatan.

 

Tujuan

  1. Tersusunnya rencana kegiatan dan anggaran tahunan yang berupa kebutuhan operasional, kesejahteraan, pengembangan, dan rencana pendapatan,
  2. Terwujudnya sistem administrasi keuangan yang akuntabel, transparan terhadap penerimaan dan pengeluaran keuangan Universitas,
  3. Terbentuk sistem yang akuntabel terhadap kebenaran pembayaran, dan pemeriksaan keuangan,
  4. Terjaminnya kontinuitas sistem pelaporan pertanggung jawaban keuangan setiap bulan yang meliputi kegiatan operasional, kesejahteraan, pengembangan maupun pendapatan,
  5. Tersusunnya laporan keuangan harian terhadap realisasi penerimaan dan pengeluaran Universitas,
  6. Tersusunnya laporan pertanggung jawaban keuangan tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan dan laporan akuntabilitasnya,
  7. Tercapainya kesesuaian anggaran yang dibuat sesuai dengan semua kegiatan yang direncanakan dan telah diakomodasikan pembiayaannya dalam anggaran keuangan yang diajukan,
  8. Terpenuhinya kelengkapan anggaran yang diajukan mencakup sumber pembiayaan dan jenisnya, penerimaan, rencana investasi, rencana pinjaman dan lain-lain,
  9. Terpenuhinya standar kinerja keuangan dengan mencantumkan rasio kehematan, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan,
  10. Tersusunya tata alir kas dan dana secara menyeluruh,
  11. Meminimalisir hambatan-hambatan pelaksanaan pembiayaan kegiatan.

 

Hasil yang Dicapai

  1. Kesesuaian rencana kegiatan dan anggaran tahunan berupa kebutuhan operasional, kesejahteraan, pengembangan, dan rencana pendapatan,
  2. Ketertiban pengadministrasian keuangan terhadap penerimaan dan pengeluaran keuangan Universitas,
  3. Menghindari kemungkinan penyimpangan yang terjadi secara rutin,
  4. Ketertiban pelaporan pertanggung jawaban keuangan setiap bulan yang meliputi kegiatan operasional, kesejahteraan, pengembangan maupun pendapatan,
  5. Tersusunnya laporan keuangan yang kridibel dan akuntabel terhadap realisasi penerimaan dan pengeluaran Universitas,
  6. Ketertiban pertanggung jawaban keuangan tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan dan laporan akuntabilitasnya,
  7. Menganalisis kesesuaian anggaran yang dibuat sesuai dengan semua kegiatan yang direncanakan dan telah diakomodasikan pembiayaannya dalam anggaran keuangan yang diajukan,
  8. Menganalisis kelengkapan anggaran yang diajukan mencangkup sumber pembiyaan dan jenisnya, penerimaan, rencana investasi, rencana pinjaman dan lain-lain,
  9. Menganalisis standar kinerja keuangan dengan mencantumkan rasio kehematan, efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan,
  10. Kejelasan mekanisme tata alir kas dan dana secara menyeluruh,
  11. Kelancaran pelaksanaan pembiyaan kegiatan.

Prinsip Dalam Menjalankan Tugas

  1. Menerapkan prinsip koordinasi dan integrasi serta sinkronisasi di lingkungan masing-masing satuan organisasi,
  2. Mematuhi pedoman-pedoman tupoksi dan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan kewenangannya,
  3. Mengawasi bawahannya masing-masing dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan situasi,
  4. Mengikuti, mematuhi petunjuk dan bertanggung jawab kepada atasan,
  5. Menyampaikan laporan berkala sesuai waktu,
  6. Bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahannya masing-masing dan memberikan bimbingan dalam melaksanakan tugas.

 


FotoKegiatan

KontakSupport

Untuk informasi hubungi Contact Support kami.

StatistikPengunjung

Kami memiliki 7 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 78 orang, kemarin 250 orang, minggu ini 78 orang, bulan ini 7926 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 197052 orang
You are here: Profil Kelembagaan Biro Administrasi Keuangan